Social Icons

Selasa, 18 Juni 2013

PROPOSAL KEGIATAN



I.        PENDAHULUAN

        Latar Belakang
P
erguruan Tinggi berperan dalam pencerahan, dan pencerdasan masyarakat, khususnya mahasiswa. Melalui penggugahan kesadaran akan hakekat manusia, sebagai mahluk sosial, dan berinteraksi dengan lingkungan guna menanamkan nilai-nilai ketuhanan, kemanusiaan, kebangsaan, demokrasi, keadilan, memperluas wawasan, penguasaan Ipteks dan melatih keterampilan di berbagai bidang kehidupan, melalui kegiatan penalaran.
                                           
D
alam rangka meningkatkan kreativitas mahasiswa agar dapat melakukan inovasi-inovasi yang bermanfaat bagi peningkatan kualitas hidup umat manusia, perguruan tinggi memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berprestasi di bidang ilmu yang ditekuninya. Berbagai kegiatan baik yang sifatnya kurikuler, kokurikuler maupun ekstrakurikuler telah dilaksanakan untuk menjaring mahasiswa berprestasi. Mahasiswa yang mempunyai prestasi tertinggi di Perguruan Tinggi masing-masing akan dikirim dalam Pekan Ilmiah Mahasiswa (PIMNAS).

P
IMNAS sebagai media pertemuan nasional dan forum kompetisi kreativitas diikuti oleh mahasiswa atau kelompok mahasiswa baik yang telah terpilih melalui seleksi untuk kelompok kegiatan tertentu yang didanai Dikti, maupun peserta mahasiswa bebas untuk kegiatan lainnya dengan dukungan dana mandiri atau dari perguruan tinggi pengirim. Kegiatan ini merupakan sebuah media sekaligus forum untuk menilai tingkat kompetensi dan kemampuan berkompetisi diantara kelompok mahasiswa yang telah terpilih melalui seleksi nasional. Kegiatan ini sebagai media untuk memperlombakan tiga kelompok karya mahasiswa yaitu lomba karya inovasi, lomba karya kreasi dan lomba karya tulis. Selain itu PIMNAS ini juga berfungsi sebagai forum diskusi dan dialog tentang masalah pembangunan nasional dan daerah dalam kerangka peningkatan kemampuan sebagai calon intelektual yang profesional serta upaya untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam proses pembangunan bangsa. Kegiatan ini memberi peluang kepada mahasiswa untuk menggelar karyanya berupa produk dan poster sebagai representasi tingkat intelektualitas dan kemampuan berkompetisi yang cerdas dan obyektif.

P
IMNAS ini memberi ruang untuk unjuk prestasi sekaligus media untuk silaturahmi sehingga terbangun kekompakan anak bangsa yang cerdas dan kuat untuk bersaing dalam era global yang kelak pada gilirannya memberi pengaruh positif kepada kinerja bangsa Indonesia. Tidak hanya prestasi yang diutamakan tapi juga kemampuan untuk berkolaborasi bagi penyempurnaan prestasi sebagai milik bersama, sehingga prestasi menjadi karya anak bangsa yang dibanggakan. Melalui PIMNAS ini pada akhirnya diharapkan akan mempercepat terbangunnya persatuan dan kesatuan serta daya saing bangsa yang lebih baik.

        Dasar Kegiatan
Pelaksanaan kegiatan PIMNAS XX tahun 2007 di Universitas Lampung didasarkan pada:
1.    Hasil musyawarah pertemuan Pembantu Rektor III di STT Telkom Bandung pada PIMNAS XVII Tahun 2004, di Universitas Andalas Padang pada PIMNAS XVIII Tahun 2005, dan di Universitas Muhammadyah Malang saat PIMNAS XIX Tahun 2006.
2.    Surat Direktur Jendral Pendidikan Tinggi No. 1636/D/T/2006 tanggal 5 Mei 2006 tentang penunjukan Universitas Lampung sebagai Tuan Rumah PIMNAS XX Tahun 2007.
3.    Surat Rektor Universitas Lampung No. 4977/J16/KM/2006 tanggal 9 April 2006 tentang Kesediaan sebagai Penyelenggara PIMNAS XX Tahun 2007

        Tujuan dan Hasil Kegiatan
Tujuan Kegiatan
Tujuan diselenggarakannya PIMNAS XX Tahun 2007 adalah:
1.      Menyediakan ajang komunikasi mahasiswa/mahasiswi seluruh Indonesia
2.      Menjadikan ajang kompetisi ilmiah antar mahasiswa Indonesia
3.      Meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa dalam pengembangan IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi dan Sains);
4.          Mengembangkan kemampuan komunikasi ilmiah mahasiswa sebagai anak bangsa yang terdidik;
5.      Meningkatkan mutu karya ilmiah mahasiswa
6.      Mengembangkan wawasan dan meningkatkan kedewasaan akademik mahasiswa.
7.      Memantapkan jati diri intelektual mahasiswa sebagai cerminan masyarakat ilmiah.
8.      Sebagai bahan umpan balik evaluasi proses belajar mengajar.
9.      Sebagai ajang latihan bagi generasi muda untuk tampil dalam forum ilmiah.
10.   Mempererat ikatan tali persaudaraan dalam bingkai NKRI.

Hasil Kegiatan
Hasil yang diharapkan dari penyelenggaraan PIMNAS XX Tahun 2007 ini adalah:
1.      Dihasilkannya karya inovatif ilmiah mahasiswa yang dapat diterapkan langsung untuk kepentingan kesejahteraan masyarakat;
2.      Didapatkannya temuan-temuan baru dalam berbagai bidang ilmu dan teknologi oleh mahasiswa;
3.      Dihasilkannya karya tulis ilmiah mahasiswa sebagai sumbangan pemikiran dan masukan, tentang berbagai persoalan yang berkembang di dalam masyarakat; baik untuk kalangan kampus sendiri maupun masyarakat umum di luar kampus;
4.      Terjalinnya silaturahmi antar mahasiswa Indonesia yang berasal dari berbagai perguruan tinggi, sebagai cikal bakal terciptanya persatuan dan kesatuan, serta daya saing bangsa;
5.      Meningkatkan peranserta dunia usaha/industri dan masyarakat umum dalam menghasilkan karya-karya ilmiah mahasiswa.

II.       PELAKSANAAN KEGIATAN

        Nama Kegiatan
Kegiatan in diberi nama Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) XX Tahun 2007.

        Tema Kegiatan
PIMNAS XX Tahun 2007 bertemakan “Tingkatkan Prestasi Untuk Daya Saing Bangsa
                                                                                                                           
        Logo dan Maskot Kegiatan
        Logo Kegiatan
Logo Pimnas yang terdiri atas 5 lidah kobaran api yang selalu menyala dan berwarna-warni mempunyai makna sebagai berikut:
1.     Jumlah kobaran api sebnyak 5 buah menunjukkan bahwa negara kita berdasarkan Pancasila;
2.     Lidah api mencerminkan semangat, dinamika dan kreatifitas generasi muda yang selalu bergelora;
3.     Api yang selalu menyala mencerminkan adanya gejolak generasi muda yang tidak pernah padam dan perlu disalurkan;
4.     Perubahan (gradasi) warna kobaran api mencerminkan bahwa sifat generasi muda labil, sehingga mudah terpengaruh oleh perubahan zaman;
5.     Perbedaan ukuran lidah api dari bawah ke atas menunjukkan adanya tingkat kematangan generasi untuk menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa dimasa depan.

        Maskot Kegiatan
Maskot PIMNAS XX Tahun 2007 adalah gajah yang sedang mencari/meneliti sesuatu yang artinya intelek tidak berarti menerima dan memahami apa yang sudah ada saja, tetapi lebih dari pada itu adalah sebuah sikap untuk terus mencari dan mengembangkan apa yang telah diterima dan dipahami dan mampu mempertanggungjawabkan baik secara moril maupun keilmuan dengan bukti kontinuitas kinerja yang dipertahankan dan diteruskembangkan. Makna secara terperinci adalah sebagai berikut:
1.     Lup (Kaca Pembesar)
-      Melambangkan pencariaan, telaah yang teliti
-      simbol teknologi yang fungsional, simpel dan objektif.
2.     Pakaian Gajah
-      Pakaian adat, melambangkan semangat pelestarian nilai-nilai budaya, bahwa budaya leluhur tetap pantas bersanding dengan teknologi serta budaya modern.
-      Melambangkan semangat dan jati diri Lampung dan bahwa meskipun Lampung memasuki era teknologi dan modern tetap mesti melestarikan nilai-nilai budaya.
-      Warna hitam melambangkan semangat kedalaman, kebijaksanaan, kedewasaan, dan melambangkan semangat pencarian di duna yang penuh misteri ini.
3.     Mimik/Gesture Gajah
-      Melambangkan sikap serius, rasa ingin tahu, dan keteguhan sikap dalam menyimak dan menginterprestasi
-      Intensitas dalam belajar
-      Sikap dinamis, terus mencari

        Jenis Kegiatan
Kegiatan Pra PIMNAS XX Tahun 2007
Kegiatan Pra PIMNAS XX Tahun 2007 adalah kegiatan yang dilaksanakan sebelum pelaksanaan PIMNAS XX Tahun 2007. Kegiatan tersebut adalah Lomba Desain Maskot PIMNAS XX Tahun 2007 yang diikuti oleh mahasiswa PTN/PTS se – Lampung. Desain maskot terbaik akan digunakan oleh panitia sebagai maskot PIMNAS XX Tahun 2007.

Kegiatan Utama PIMNAS XX Tahun 2007
a.      Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa
Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa terdiri dari:
1.    Lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
Lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM) merupakan program dari Direktorat PKPPM Ditjen DIKTI meliputi 5 (lima) bidang, yaitu:
-       PKM Penelitian (PKMP)
-       PKM Penerapan Teknologi (PKMT)
-       PKM Kewirausahaan (PKMK)
-       PKM Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM)
-       PKM Penulisan Ilmiah (PKMI)
2.    Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM)
LKTM diikuti oleh para finalis yang sebelumnya diseleksi secara bertahap di tingkat wilayah meliputi bidang IPA, IPS, Pendidikan dan Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP).
                                                                                                         
b.      Gelar Produk dan Poster PKM
Gelar Produk dan Poster PKM merupakan bagian dari lomba PKM (PKMP, PKMK, PKMM, PKMT dan PKMI), dimana para finalis diwajibkan menggelar produk PKM dan membuat poster yang menggambarkan proses dan hasil pelaksanaan program PKM.



c.      Lomba Poster dan Gelar Produk Non PKM
1.    Pameran Karya Ilmiah Mahasiswa (PKIM) Non PKM
PKIM menampilkan karya ilmiah mahasiswa yang tidak ikut serta dalam final lomba karya ilmiah mahasiswa dalam bentuk desain (rancangan) maket, peragaan hasil kreatifitas dan inovasi mahasiswa.  Stand PKIM diikuti oleh Perguruan Tinggi Negeri maupun Swasta.

2.    Lomba Poster Ilmiah Non PKM
Poster non PKM adalah poster layanan masyarakat, yaitu penyampaian suatu pesan atau ide dalam bentuk dan/atau tulisan sedemikian rupa sehingga isi pesan tersebut mudah dimengerti dan menarik bagi siapapun yang melihatnya. Tema poster non PKM bebas, diutamakan memuat masalah aktual yang saat ini sedang menjadi perhatian publik dan relevan dengan tema PIMNAS.

d.      Sarasehan Bidang Kemahasiswaan
Sarasehan bidang kemahasiswaan merupakan forum antar Wakil/Pembantu Rektor/ Ketua/Direktur bidang kemahasiswaan perguruan tinggi negeri dan swasta se Indonesia untuk saling menukar pengalaman tentang peningkatan kemampuan penalaran mahasiswa. Forum ini juga berfungsi sebagai forum evaluasi pelaksanaan PIMNAS dan penetapan Perguruan Tinggi tuan rumah PIMNAS tahun berikutnya.

e.      Seminar Nasional
Seminar akan dihadiri oleh para peneliti, akademisi, praktisi, dan birokrat dengan topik “Daya Saing Lulusan Perguruan Tinggi Dalam Menghadapi Dunia Kerja”

Kegiatan Pendukung PIMNAS XX Tahun 2007
a.       Welcome Party, Opening dan Closing Ceremony
Welcome Party adalah acara penyambutan bagi para peserta, pedamping dan juri PIMNAS XX Tahun 2007. Sedangkan Opening dan Closing Ceremony adalah acara pembukaan dan penutupan yang dihadiri oleh para pesera, pendamping, juri, Muspida dan undangan lainnya.

b.       Sarasehan Pendamping Peserta PIMNAS XX Tahun 2007
Sarasehan ini diselenggarakan sebagai media bagi seluruh Pendamping/Pembimbing peserta PIMNAS tahun 2007 untuk bersilaturahmi dan sekaligus mendiskusikan hal-hal yang berhubungaan PIMNAS dan penalaran.

c.       Lomba Debat
Lomba debat yang akan di selenggarakan pada PIMNAS XX 2007 ini adalah debat dalam bahasa Mandarin dan Inggris. Pesertanya adalah seluruh  perguruan tinggi negeri dan swasta. Setiap kelompok peserta terdiri 3 orang dan setiap perguruan tinggi dapat  mengirimkan dua kelompok peserta. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Inggris, menganalisa suatu kasus, menyarankan suatu solusi terhadap suatu masalah, serta meningkatkan kemampuan verbal dan penguasaan publik. Topik-topik yang diperdebatkan harus berhubungan dengan kondisi Indonesia saat ini dan yang akan datang.

d.       Lomba Karya Ilmiah Remaja
Lomba Kelompok Ilmiah Remaja (KIR) adalah organisasi atau kelompok siswa yang bergabung berdasarkan keinginan masing-masing dengan minat dan perhatian yang sama pada bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu KIR dapat menanamkan sikap ingin tahu sehingga pada saatnya mampu memecahkan persoalan hidup termasuk mampu menyajikan hasil karya ilmiahnya pada masyarakat. Peserta lomba KIR terdiri dari sejumlah sekolah menengah tingkat atas/sederajat  di Provinsi Lampung. 
                                                                                          
e.       Lomba Applied Programming for Problem Solving and Security
Lomba ini adalah bagian kegiatan pendukung, dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan mahasiswa dan kalangan kampus dalam mengendalikan dan memecahkan suatu masalah pada program aplikasi komputer. Pesertanya seluruh mahasiswa perguruan tinggi negeri maupun swasta yang mengikuti PIMNAS.     

f.        Panggung Apresiasi Seni dan Budaya
Kegiatan ini bertujuan agar mahasiswa dan masyarakat lebih memperhatikan dan melestarikan kesenian sebagai salah satu aset budaya bangsa Indonesia.  Kegiatan ini dapat berupa pertunjukan seni tradisional, modern maupun pop dan lain-lain oleh dan untuk peserta PIMNAS.

g.       Gelar IPTEK
Pameran IPTEKS dapat diikuti oleh Instansi Pemerintah (Departemen, Lembaga, Pusat Penelitian), BUMN, Lembaga atau Perusahaan Swasta dan Kalangan Industri. Kegiatan ini dimaksudkan untuk turut melibatkan pihak-pihak yang berada di luar kampus, seperti misalnya industri, penerbit buku, pedagang, koperasi dan lain sebagainya.

h.       Bazar dan Edu Expo
Bazar dan Edu Expo ini dimaksudkan untuk turut melibatkan pihak-pihak yang berada di luar kampus, seperti industri kerajinan (cendera mata yang berkaitan dengan PIMNAS XX Tahun 2007), penerbit buku, pengusaha alat tulis dan komputer,  industri makanan dan minuman, koperasi dan sebagainya.

i.        Wisata Ilmiah
Kunjungan ke berbagai industri di wilayah Provinsi Lampung seperti PT. GPM dan PT. GGP.
                                                                                                                                    
        Jadwal Kegiatan
NO
JENIS KEGIATAN
WAKTU
TEMPAT
KETERANGAN
KEGIATAN UTAMA
  1. 
Program Kreativitas Mahasiswa (PKM)

a. PKM Penelitian (PKMP)
19 - 20 Juli 2007
F. Teknik Unila
± 750 peserta
b. PKM Penerapan Teknologi (PKMT)
19 - 20 Juli 2007
F. Teknik Unila
c. PKM Kewirausahaan (PKMK)
19 - 20 Juli 2007
F. Teknik Unila
d. PKM Pengabdian Kepada
    Masyarakat (PKMM)
19 - 20 Juli 2007
F. Teknik Unila
e. PKM Penulisan Ilmiah (PKMI)
19 - 20 Juli 2007
F. Teknik Unila
  2. 
Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM)

a. Bidang IPA
19 - 20 Juli 2007
F. Pertanian Unila
± 100 peserta
b. Bidang IPS
19 - 20 Juli 2007
F. Pertanian Unila
c. Bidang Pendidikan
19 - 20 Juli 2007
F. Pertanian Unila
d. TPSDP
19 - 20 Juli 2007
F. Pertanian Unila
± 30 peserta
  3. 
Lomba Poster dan Gelar Produk  PKM
18 - 21 Juli 2007
GSG Unila
Seluruh peserta PKM
  4. 
Lomba Poster dan Gelar Produk Non PKM

a. Pameran Karya Ilmiah Mahasiswa
    (PKIM) Non PKM
18 - 21 Juli 2007
GSG Unila
Wakil dari PT
b. Lomba Poster Ilmiah Non PKM
  5. 
Sarasehan Bid. Kemahasiswaan
19 Juli 2007
Ruang Sidang Rektorat Unila Lantai II
Pimpinan PT Bidang Kemahasiswaan
  6. 
Seminar Nasional
20 Juli 2007
Audiotorium Perpustakaan Unila
Umum
KEGIATAN PENDUKUNG
  7.   
Welcome Party
17 Juli 2007
Gubernuran
Prov. Lampung
Dirjen Dikti, Pimpinan PT Bid. Kemahasiswa-an dan peserta Pimnas
  8.   
Opening Ceremony
18  dan 22 Juli 2007
GSG Unila
Dihadiri ± 1500 orang (undangan + peserta)
  9.   
Sarasehan Dosen Pendamping Peserta PIMNAS XX
21 Juli 2007
Audiotorium Perpustakaan Unila
Pendamping peserta PIMNAS
10.   
Lomba Debat Bhs Inggris & Mandarin
19 – 20 Juli 2007
F. KIP Unila
PT Se - Indonesia
11.   
Lomba Karya Ilmiah Remaja
19 – 20 Juli 2007
F. KIP dan F. Teknik Unila
SMU/Sederajat Se – Provinsi Lampung
12.   
Lomba Applied Programming for Problem Solving and Security
19 - 20 Juli 2007
Puskom Unila
Perguruan Tinggi Se - Indonesia
13.   
Panggung Apresiasi Seni & Budaya
18 – 22 Juli 2007
Pelataran GSG Unila
Tuan rumah & wakil PT peserta PIMNAS
14.   
Gelar IPTEK
18 – 21 Juli 2007
GSG Unila
PT dan berbagai institusi
15.   
Bazar dan Edu Expo
18 – 22 Juli 2007
Pelataran GSG Unila
Umum
16.   
Wisata Ilmiah
22 Juli  2007
Sugar Group Comany dan PT. GGP
Seluruh peserta
17.   
Ladies Programme
19 Juli 2007
Kota B. Lampung
Para istri pimpinan PT bidang kemahasiswaan
18.   
Clossing ceremony
22 Juli 2007 di
GSG Unila
Seluruh peserta







        Peserta dan Pendamping
Penjaringan dan seleksi peserta PIMNAS XX Tahun 2007 berasal dari ratusan perguruan tinggi di seluruh Indonesia baik PTN maupun PTS yang dimulai sejak pertengahan tahun 2006 dengan jumlah ± 1.500 orang finalis ditambah dengan ± 300 orang pimpinan perguruan tinggi serta ± 500 orang pembimbing. PIMNAS ke-20 tahun 2007 akan dihadiri juga oleh: (a) Para Pejabat Tinggi Negara seperti Menteri Pendidikan Nasional, Dirjen DIKTI, (b) Gubernur Lampung beserta Muspida, Bupati dan Wali Kota se-Lampung, (c) Para Direktur dan atau Eksekutif BUMN maupun BUMS, (d) Para Pimpinan PTN dan PTS Finalis maupun Non Finalis (e) Para Peneliti, Akademisi dan Wira Usahawan, (f) Para Simpatisan.

        Susunan Panitia
Pelindung                                : 1. Menteri Pendidikan Nasional RI
                                                  2. Gubernur Provinsi Lampung
3. Ketua DPRD Provinsi Lampung
                                                  4. Rektor Universitas Lampung
                                                  5. Bupati/Walikota Se – Provinsi Lampung

Penasehat                              : 1. Direktur Jendral Pendidikan Tinggi
                                                  2. Direktur PPM Ditjen Dikti
                                                  3. Sekretaris Dirjen Dikti
                                                  4. Direktur Akademik Ditjen Dikti
                                                  5. Direktur Kelembagaan Ditjen Dikti
                                                  6. Pembantu Rektor I Universitas Lampung
                                                  7. Pembantu Rektor II Universitas Lampung
                                                  8. Pembantu Rektor IV Universitas Lampung
                                                 

PANITIA PUSAT
Penanggung Jawab                : Prof. Dr. Mochammad Munir

Ketua Umum                         : Suryanto, S.Sos., M.M.
Ketua I                                    : H. Ridwan Roy T, S.H., S.E., M.Si.
Ketua II                                   : Drs. Slamet Riyadi


Sekretaris Umum                  : Evawani, S.E.
Sekretaris I                            : Retno Handayani, S.Sos.
Sekretaris II                           : Rachmat Setiawan, S.Sos.
Bendahara Umum                 : Helena Jenny Rewos
Bendahara I                           : Purwaningsih
Bendahara II                          : Rusdi

Bidang Materi PKM
Koordinator                             : Prof. Dr. Endy Suwondo
Anggota                                   : 1. Widyo Winarso, M.M.
                                                  2. Surju Utomo
                                                  3. Suhendi

Bidang Gelar Produk dan Poster
Koordinator                             : Ati Sugiarti, S.H.
Anggota                                   : 1. Abdul Hamid
                                                  2. Saiman
Bidang Materi LKTM                       
Koordinator                             : Drs. Nurmansyah
Anggota                                   : 1. Drs. Endang taryono
                                                  2. Nani Suprihandani
                                                  3. Sungkono

PANITIA LOKAL
Penanggungjawab                : Pembantu Rektor III Universitas Lampung
Pengarah                               : 1. Para Dekan di lingkungan Universitas Lampung
                                                  2. Kepala BAAKPSI Universitas Lampung

Ketua Umum                         : Dr. Ir. Wan Abbas Zakaria, M.S.
Ketua I                                    : Drs. Dian Komarsyah, M.S.
Ketua II                                   : Dra. Sri Murwani, M.Sc.
Sekretaris                              : Drs. Aman Toto Dwijono
Bendahara                             : Hi. Lukman Hakim, S.H.

I.       Bidang Acara dan Kegiatan
A.   Kegiatan Utama
1.    Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa
a.    Lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
-     Presentasi PKM Bidang Penelitian (PKMP)
Koordinator
:
Muhammad Akib, S.H., M.H.

-     Presentasi PKM Bidang Penerapan Teknologi
Koordinator
:
Dr. Elida Purba

-     Presentasi PKM Bidang Kewirausahaan (PKMK)
Koordinator
:
Nur Efendi, S.Sos.

-     Presentasi PKM Bidang Pengabdian kepada Masyarakat (PKMM)
Koordinator
:
Fx. Sumardja, S.H., M.H.

-     Presentasi PKM Bidang Penulisan Ilmiah (PKMI)
Koordinator
:
Aridzka Warganegara, S.IP., M.A.
b.    Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) dan Technological and Professional Skills Development Sector Project (TPSDP)
-     Presentasi LKTM Bidang Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
Koordinator
:
Ridwan Zahab

-     Presentasi LKTM Bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS)
Koordinator
:
Armen Yasir, S.H, M.H.

-     Presentasi LKTM Bidang Pendidikan
Koordinator
:
Drs. Sunyono, M.Si.

-     Presentasi TPSDP
Koordinator
:
Ir. Neti Yuliana, M.Si., P.hD.

2.    Gelar Produk dan Poster PKM
Koordinator
:
Ir. Sapto Kuncoro, M.S.

3.    Lomba Poster dan Gelar Produk Non PKM
a.    Pameran Karya Ilmiah Mahasiswa (PKIM) Non PKM
Koordinator
:
Harnowo, S.T., M.T.

b.    Lomba Poster Ilmiah Non PKM
Koordinator
:
Masdar Helmi, S.T., D.E.A.

4.    Sarasehan Bidang Kemahasiswaan
Koordinator
:
Ir. Tamaludin Syam, M.S.

5.    Seminar Nasional
Koordinator
:
Drs. Buchori Asik, M.Si.

B.   Kegiatan Pendukung
1.    Sarasehan Pendamping Peserta PIMNAS XX Tahun 2007
Koordinator
:
Ir. Syahrio Tantalo, M.S.

2.    Lomba Debat Bahasa Inggris dan Mandarin
Koordinator
:
Dra. Ari Nurweni, M.A.

3.    Lomba Karya Ilmiah Remaja Tingkat SMU Se – Lampung
Koordinator
:
Dr. John Hendri, M.Si.

4.    Lomba Applied Programming for Problem Solving and Security
Koordinator
:
Warsono, P.hD.

5.    Gelar Iptek
Koordinator
:
Dr. Sutopo Hadi, S.Si., M.Sc.

6.    Bazar dan Edu Expo
Koordinator
:
Drs. Agus Hadiawan, M.S.

7.    Wisata Ilmiah
Koordinator
:
Elman Edy Patra, S.H., M.H.

8.    Panggung Apresiasi Seni dan Budaya
Koordinator
:
Dwiyana Habsari, M.Hum.

9.    Ladies Programme
Koordinator
:
Dra. Sasmiati

10. Opening dan Closing Ceremony
Koordinator
:
Ir. Kus Hendarto, M.S.

11.  Welcome Party  
Koordinator
:
Dr. Yuswanto, S.H., M.H.

C.   Penjurian
Koordinator
:
Drs. Bujang Rahman, M.Si.


II.     Bidang Sarana Pendukung dan Pelayanan
A.   Seksi Saran Pendukung
1.   Sub. Seksi Perlengkapan
Koordinator
:
Drs. Sudirman Hudin, M.Pd.

2.   Sub. Seksi Transportasi
Koordinator
:
Parjio

B.   Seksi Pelayanan
1.   Sub. Seksi Liaison Officer (LO)
Koordinator
:
Dr. Ir. Didik Rudiono, M.S.

2.   Sub. Seksi Akomodasi dan Konsumsi
Koordinator
:
Sri Sulastuti, S.H., M.H.

3.   Sub. Seksi Kesehatan
Koordinator
:
Dr. Dyah Wulan Sumekar RW, S.KM., M.Kes.

4.   Sub. Seksi Keamanan
Koordinator
:
Drs. Tantowi Amsia, M.S.


III.    Bidang Administrasi dan Publikasi
A.   Seksi Administrasi dan Kesekretariatan
Koordinator
:
Drs. Pathoni Sengaji

B.   Seksi Humas dan Publikasi
Koordinator
:
Didi Pramudya M, S.H.


IV.   Bidang Keuangan
Seksi Usaha, Kerjasama dan Dana
Koordinator
:
Aceng Syatibi, S.E.






III.      ANGGARAN BIAYA

        Rencana Pemasukan
Kebutuhan dana untuk kegiatan ini sebesar  Rp 1.995.000.000,- (Satu Milyar Sembilan Ratus Sembilan Puluh Lima Juta Rupiah) yang diharapkan diperoleh  dari :
1.      Ditjen Dikti Depdiknas                  
2.      Universitas Lampung
3.      Pemda Provinsi Lampung
4.      Pemda Kabupaten/Kota se Lampung    
5.      Sponsor Utama dan sumbangan pihak lain       

        Rencana Pengeluaran
NO
JENIS KEGIATAN
HARGA (Rp)
SATUAN
SUB JUMLAH
JUMLAH
A.
PRA PIMNAS



I.
LOMBA DESAIN MASKOT

1
Kesekretariatan
1,650,000



2
Publikasi dan Dokumentasi
3,100,000



3
Penjurian
5,000,000




JUMLAH
9,750,000
9,750,000






B.
PELAKSANAAN PIMNAS



I.
BIDANG ACARA DAN KEGIATAN

1
KEGIATAN UTAMA





Lomba Karya Ilmiah Mahasiswa





a. Lomba Program Kreatifitas Mahasiswa (PKM)
119,850,000




    - PKM Penelitian (PKMP)





    - PKM Teknologi (PKMT)





    - PKM Kewirausahaan (PKMK)





    - PKM Pengabdian kepada Masyarakat
      (PKMM)





    - PKM Penulisan Ilmiah (PKMI)





b. Lomba Karya Tulis Mahasiswa (LKTM) dan
    Technological and Professional Skills
    Development Sector Project (TPSDP)
28,200,000




    - LKTM Bidang IPA





    - LKTM Bidang IPS





    - LKTM Bidang Pendidikan





    - TPSDP





c. Lomba Poster dan Gelar Produk
29,000,000




d. Lomba Poster dan Gelar Produk Non PKM





    - Pameran Karya Ilmiah Mahasiswa (PKIM)
      Non PKM





    - Lomba Poster Ilmiah Non PKM





e. Sarasehan Bidang Kemahasiswaan
10,900,000




f. Seminar Nasional "Dunia Kerja"
19,500,000




JUMLAH
207,450,000








2
KEGIATAN PENDUKUNG





a. Welcome Party
11,500,000




b. Opening dan Clossing Ceremony
39,000,000




c. Sarasehan Dosen Pendamping Mahasiswa
15,000,000




d. Lomba Debat Bahasa Inggris dan Mandarin
10,000,000




e. Lomba Karya Ilmiah Remaja
15,500,000




f. Lomba Applied Programming for Problem
   Solving and Security
45,000,000




g. Gelar Iptek
9,550,000




h. Bazar dan Edu Expo
10,300,000




i. Wisata Ilmiah
13,750,000




j. Panggung Apresiasi Seni dan Budaya
34,500,000




h. Ladies Programme
4,000,000




JUMLAH
208,100,000








3
PENJURIAN
7,700,000




JUMLAH
7,700,000
423,250,000






II.
BIDANG SARANA PENDUKUNG DAN PELAYANAN

1
Seksi Sarana Pendukung





a. Sub. Seksi Perlengkapan
20,000,000




b. Sub. Seksi Transportasi
355,000,000






375,000,000








2
Seksi Pelayanan





a. Sub. Seksi Liaison Officers (LO)
25,000,000




b. Sub. Seksi Akomodasi dan Konsumsi
667,358,000




c. Sub. Seksi Kesehatan
7,200,000




d. Sub. Seksi Keamanan
9,000,000






708,558,000
1,083,558,000






III.
BIDANG ADMINISTRASI DAN PUBLIKASI

1
Seksi Administrasi dan Kesekretariatan
314,500,000



2
Seksi Humas dan Publikasi
85,500,000






400,000,000
400,000,000






IV.
BIDANG KEUANGAN DAN KERJASAMA

1
Seksi Usaha, Kerjasama dan Dana
7,000,000






7,000,000
7,000,000






C.
PASCA PIMNAS




1
Rapat Evaluasi Kegiatan

750,000


2
Pembuatan Laporan Kegiatan

400,000


3
Pembubaran Panitia

1,500,000


4
Honor Panitia Lokal

45,000,000






47,650,000






REKAPITULASI
A.
PRA PIMNAS
9,750,000

B.
PELAKSANAAN PIMNAS
1,913,808,000

C.
PASCA PIMNAS
47,650,000

D.
BIAYA TAK TERDUGA
23,792,000

JUMLAH TOTAL
1,995,000,000
IV.     PENUTUP
Demikianlah proposal ini dibuat sebagai pedoman awal dalam penyelenggaraan PIMNAS XX Tahun 2007 di Universitas Lampung. Suksesnya kegiatan ini tidak terlepas dari dukungan dan bantuan semua pihak. Oleh karena itu, partisipasi dan bantuan dari semua pihak sangat diharapkan.

Bandar Lampung,  Maret 2007
PIMNAS XX 2007
Ketua Umum                                                                          Sekretaris



.......................................................................................................................

Tidak ada komentar: