Persiapan
|
Persiapan Alat
Upacara:
-
Bendera Merah putih
-
Bendera Wosm
-
Bendera Pramuka
Naskah Drama
|
5 menit
|
Pendahuluan
|
Kegiatan dimulai
dengan Upacara Satuan Pembukaan Latihan. Dimana didalamnya disampaikan amanat
yang berisi bahwa hari ini akan dibahas materi tentang Kode Kehormatan
Pramuka
|
15 menit
|
Kegiatan Inti
|
Kegiatan dilaksanakan di lapangan,
Kegiatan dimulai
dengan “Tepuk Pramuka” dilanjutkan dengan bermain “Tupai Pohon”. Setelah dirasa
peserta didik sudah cukup gembira. Maka dimulailah materi tentang kode
kehormatan.
-
Pertama, peserta didik dibagi tugas peran dengan
menawarkan siapa yang bersedia bermain drama. Setelah semua peran tersedia
maka dibagikanlah naskah drama tersebut. Barulah pentas drama dilaksanakan.
-
Setelah drama selesai, peserta didik di minta
menyebutkan nilai-nilai yang terkandung dari naskah tersebut.
-
Pembina menjelaskan bahwa di dalam Pramuka memilik
kode Kehormatan yang disebut Janji (Satya) dan ketentuan moral (darma).
Pramuka Siaga kode kehormatannya
adalah Dwi Satya dan Dwi Darma.
Dwi Satya berbunyi:
Aku berjanji akan bersungguh-sungguh:
-
Menjalankan kwajibanku terhadap tuhan, Negara
Kesatuan Republik Indonesia, dan menurut aturan keluarga.
-
Setiap hari berbuat kebaikan
Dwi darma:
-
Siaga itu menurut ayah ibundanya
-
Siaga itu berani dan tidak putus asa.
|
50 menit
|
Penutup
|
Kegiatan ditutup
dengan Upacara Satuan
|
10 menit
|
Rabu, 12 Juni 2013
RPP Pramuka SD
Program Latihan Mingguan II
Pengembangan Diri : Kepramukaan Sekolah Dasar
Kelas :
1 – 4
Pertemuaan ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
Kompetensi : 1. Siaga Mula
Kompetensi
Dasar : 1.2 Pengamalan Kode
Kehormatan
Indikator : - dapat menyebutkan
isi Kode kehormatan
- dapat menjelaskan isi Kode Kehormatan
- dapat menjelaskan sikap yang sesuai dengan
Kode
Kehormatan
A. Tujuan
- Peserta Didik dapat menyebutkan isi Kode
kehormatan
- Peserta Didik dapat
menjelaskan isi Kode Kehormatan
-
Peserta Didik dapat menjelaskan sikap yang sesuai dengan Kode
B. Materi ajar
Kode Kehormatan: Dwi Satya dan Dwi
Darma
C. Model Pembelajaran
Permainan Besar dan Bermain Peran
D. Langkah-langkah Kegiatan
E. Alat dan Sumber Belajar
Alat Upacara Satuan
Naskah Drama
F. Penilaian
Tes Lisan
Penugasan
Bandar Lampung, Juni 2013
Pembina
Muhamad Yusuf Al Islami
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar