SEKOLAH DASAR
Tahun Pelajaran
2012/2013
I.
PENDAHULUAN
1.1 Latar
Belakang
Manusia adalah faktor penting dalam menciptakan
kehidupan yang baik. Kehidupan yang baik dan sejahtera itu sendiri dapat
dibentuk dan diciptakan. Penciptaan kebaikan dapat diperoleh dari
proses belajar atau pendidikan baik secara formal maupun informal. Pendidikan
karakter
telah menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi
yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi
juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai the deliberate us
of all dimensions of school life to foster optimal character development
(usaha kita secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan sekolah/madrasah
untuk membantu pembentukan karakter secara optimal.
Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education)
dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang
melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya
pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja,
kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan,
pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang
hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya
pendidikan karakter. Karakter sendiri berkaitan dengan konsep moral (moral
knonwing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral
behavior). Berdasarkan ketiga komponen ini dapat dinyatakan bahwa karakter
yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat
baik, dan melakukan perbuatan kebaikan.
Pendidikan karakter
sebaiknya diberikan sejak dini kepada anak-anak, terutama seusia anak Sekolah
Dasar, dimana pemahaman sejak kecil akan memmberikan penanaman pemahaman yang
lebih dan mengakar. Proses ini memerlukan metode khusus yang tepat agar tujuan
pendidikan dapat tercapai. Di antara metode
pembelajaran
yang sesuai adalah metode keteladanan, metode pembiasaan, dan metode
pujian dan hukuman.
Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Organisasi ini mengusung pendidikan moral
secara keseluruhan, dimana kepribadian yang berkarakter baik menjadi tujuan
dari diselenggarakannya kepramukaan. Gerakan Pramuka juga bertugas
mempersiapkan generasi muda agar mampu menjadi penerus estafet kepemimpinan
yang berperan aktif dalam pembangunan, berkepribadian luhur, bertaqwa, mandiri,
tangguh serta peka terhadap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat
sekitarnya. Sehingga sangat cocok jika kegiatan kepramukaan dijadikan salah
satu program pengembangan diri di sekolah dalam rangka mewujudkan pendidikan
yang berkarakter.
1.2 Dasar
Dasar dilaksanakannya kegiatan
ini adalah:
1.
Undang – Undang RI No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan
Nasional.
2.
Undang – Undang RI No.12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
3.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 dan PP Nomor
32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.
Keputusan Presiden RI No.24 tahun 2009
tentang Angaran Dasar Gerakan Pramuka.
5.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia
Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka No 203 tahun 2009 tentang
Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
7.
Keputusan Kwartir Nasional Gerakan
Pramuka No 198 tahun 2011 tentang
Petunjuk Penyelanggaraan Syarat Kecakapan Umum.
1.3 Tujuan
Menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan disekolah
untuk menciptakan siswa sebagai peserta didik yang:
1. Memiliki
kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat
hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan
hidup, sehat jasmani, dan rohani;
2. Menjadi
warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan
Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang
dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama
bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian
terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.
II.
KERANGKA
PEMBELAJARAN
Pramuka Siaga merupakan Golongan anggota Pramuka
dalam usia 7 – 10 tahun, dimana diusia ini anak-anak pada umumnya masih berada
pada bangku Sekolah Dasar, yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 4. Usia anak-anak
inilah yang menjadi acuan dalam penyusunan perangkat pembelajaran unuk program
pengembangan diri di sekolah. Untuk lebih memudahkan proses pembelajaran, maka
berikut ini adalah kerangka pembelajaran yang disusun sebagai arahan kegiatan
kepramukaan dalam mencapai tujuan.
2.1 Kalender
Pendidikan
KETERANGAN : KALENDER SD/MI
|
1
|
16 s.d. 18 Juli
2012
|
Hari-hari pertama masuk sekolah
|
2
|
21,22 Juli dan 11 s.d18
Agustus 2012
|
Hari libur Ramadhan (sebelum dan
awal dan akhir bulan Ramadhan)
|
3
|
17 Agustus 2012
|
HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
|
4
|
19 dan 20 Agustus 2012
|
Hari Besar Idul Fitri 1432 H
|
5
|
21 s.d. 27 Agustus
2012
|
Hari libur Idul Fitri 1433 H Tahun
2012
|
6
|
26 Oktober 2012
|
Hari Besar Idul Adha 1433 H
|
7
|
15 November 2012
|
Tahun Baru Hijjriyah 1434 H
|
8
|
24 November 2012
|
Peringatan Hari Guru
|
9
|
1 s.d. 8 Desember 2012
|
Ulangan Akhir Semester
|
10
|
22 Desember 2012
|
Penerimaan raport
|
11
|
24 Des 2012 s.d. 5 Jan 2013
|
Libur Semester Gasal
|
12
|
25 Desember 2012
|
Hari Natal 2012
|
13
|
24 Januari 2013
|
Tahun baru Imlek 2564
|
14
|
12 Maret 2013
|
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka
1935
|
15
|
29 Maret 2013
|
Wafat Yesus Kristus
|
16
|
9 Mei 2013
|
Kenaikan Yesus Kristus
|
17
|
25 Mei 2013
|
Hari raya Waisak 2557
|
18
|
6 Juni 2013
|
Isra' Mi'raj Nabi Muhammad
SAW
|
19
|
22 s.d. 26 April 2013
|
Ujian Sekolah
|
20
|
2 Mei 2012
|
Hari Pendidikan Nasional tahun
2012
|
21
|
13 s.d. 15 Mei 2013
|
UN SD (Utama)
|
22
|
20 s.d. 22 Mei
2013
|
UN SD (Susulan)
|
23
|
10 s.d. 15 Juni 2013
|
Ulangan Kenaikan Kelas
|
24
|
Pembagian L H B (Kenaikan Kelas)
|
29 Juni 2013
|
25
|
1 s.d. 13 Juli
2013
|
Libur Kenaikan kelas
|
26
|
10 -21 Des, 17 -28 Jun 2013
|
Hari Kegiatan sekolah
|
27
|
21,22,23 Maret 2013
|
Latihan Ujian Tahap I
|
28
|
15,16,17 April 2013
|
Latihan Ujian Tahap II
|
2.2 Perhitungan
Minggu Efektif
Perhitungan Minggu Efektif
Pramuka Siaga Sekolah Dasar
Pengembangan Diri : Pramuka tingkat Siaga
Kelas : 1 – 4
Tahun Pelajaran : 2013/ 2014
Jumlah Perminggu : 2 Jam Pelajaran
a. Semester
Ganjil
No
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Minggu Tak Efektif
|
Minggu Efektif
|
1
2
3
4
5
6
|
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
|
5
4
4
5
4
5
|
4
2
-
-
-
3
|
1
2
4
4
4
2
|
|
Jumlah
|
|
|
17
|
b. Semester
Genap
No
|
Bulan
|
Jumlah Minggu
|
Minggu Tak Efektif
|
Minggu Efektif
|
1
2
3
4
5
6
|
Januari
Frebuari
Maret
April
Mei
Juni
|
5
4
4
5
4
4
|
1
-
2
2
-
3
|
4
4
2
3
4
1
|
|
Jumlah
|
|
|
18
|
2.3 Kompetensi Dasar (Syarat Kecakapan Umum)
SIAGA MULA
1.
Islam
- Dapat menyebutkan Rukun Iman dan
Rukun Islam
- Dapat mengucapkan Syahadat dan
menyebutkan artinya
- Dapat menghafal Surat Al-Fatihah
dan menyebutkan artinya
- Dapat menghafal Surat Al-Ikhlas dan
menyebutkan artinya
- Telah mengetahui tatacara berwudhu
beserta doanya
- Dapat melaksanakan gerakan sholat
- Dapat menghafal sedikitnya 3 do'a
harian.
Katholik
- Dapat membuat tanda salib
- Dapat mengucapkan do'a harian dan
menyanyikan tiga buah lagu gereja
- Dapat menerima dan mensyukuri
keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah,
dan
memberikan contoh-contohnya
- Dapat mengasihi keluarganya
- Dapat mengasihi teman/guru/sesamanya
baik digudep/disekolah/disekitarnya.
Protestan
- Dapat menghafal Johanes 3:16 dan
berdoa sederhana
- Dapat mewujudkan ucapan syukur
sebagai ciptaan Allah,sedikitnya tiga hal
- Dapat mengasihi keluarganya
- Dapat mengasihi teman, guru dan
sesamanya digudep, disekolah/ di sekitarnya
- Telah Mengikuti sekolah minggu 4
kali berturut-turut.
Hindu
- Dapat menunjukkan sikap Anjali serta dapat mengucapkan salam Panganjali
- Dapat memperagakan sikap /tatacara sembahyang
- Dapat menyebutkan nama-nama bunga yang bisa dipakai sembahyang
- Dapat menyebutkan nama tempat suci untuk melaksanakan sembahyang
- Dapat menyebutkan jam/waktu melaksanakn persembahyangan/PujaTriSandhya.
Buddha
- Dapat mengucapkan salam Buddhis
- Dapat bersikap Anjali. 3.Dapat melakukan Namaskara
2.
Dapat menghafal Dwisatya dan Dwidarma
3.
Dapat menyebutkan jenis-jenis Salam Pramuka.
4.
Telah memiliki buku tabungan, sekurang - kurangnya dalam
waktu 6 minggu terakhir.
5.
Setia membayar uang iuran kepada gugusdepannya,
sedapat-dapatnya dengan uang yang diperoleh dari usahanya sendiri.
6.
Dapat menyebutkan lambang Gerakan Pramuka
7.
Dapat menyebutkan salah satu seni budaya di daerah
tempat tinggalnya
8.
Selalu bersikap
hemat dan cermat dengan segala miliknya
9.
Dapat menyebutkan identitas diri
10. Dapat
membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk
11. Rajin dan giat mengikuti latihan Perindukan
Siaga, sekurang-kurangnya 6 kali latihan berturut-turut
12. Dapat
dengan hafal menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di depan
perindukannya.
13. Dapat
menyebutkan arti kiasan warna Sang Merah Putih
14. Dapat
menyebutkan sedikitnya 3 hari besar nasional dan 3 hari besar keagamaan
15. Dapat
menyebutkan sedikitnya 5 peraturan keluarga
16. Dapat
menyebutkan sedikitnya 3 peraturan di lingkungannya
17. Dapat
menyebutkan 2 macam adat/budaya di lingkungannya
18. Dapat
menyampaikan ucapan dengan baik dan sopan serta hormat kepada orangtua, sesama
teman dan orang lain
19. Dapat
menyebutkan nama dan alamat Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan tokoh masyarakat di
sekitar tempat tinggalnya
20. Dapat
menyebutkan sila-sila Pancasila
21. Dapat
mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan
dan dapat menginformasikan kepada orang dewasa disekitarnya.
22. Dapat
membaca jam digital dan analog
23. Dapat
menunjukan 4 arah mata angin
24. Dapat
berbahasa Indonesia dalam mengikuti pertemuan-pertemuan Siaga
25. Dapat
menyebutkan sedikitnya 2 macam alat komunikasi tradisional dan modern
26. Dapat
menyebutkan anggota tubuh
27. Dapat
menyebutkan gerakan dasar olah raga
28. Dapat
melipat selimut dan merapikan tempat tidurnya
29. Selalu
berpakaian rapih dan memelihara kebersihan pribadi
30. Dapat
menjalankan latihan-latihan keseimbangan, dapat melempar dan menerima bola
dengan tangan kanan dan kiri sedikitnya 5 kali tangkapan.
31. Dapat
menyebutkan makanan dan minuman yang bergizi (4 sehat 5 sempurna)
32. Dapat
memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang
ternak, selama kira-kira 1 bulan
33. Dapat
melipat kertas yang dibentuk menyerupai pesawat, kapal, flora dan fauna
34. Dapat
membuat simpul mati,simpul hidup, simpul anyam,simpul pangkal dan simpul
jangkar.
SIAGA BANTU
1.
Islam
- Dapat melaksanakan Tayamum
- Dapat melaksanakan sholat wajib
- Dapat melaksanakan shalat berjamaah
- Dapat menyebutkan Rasul-rasul Allah
- Dapat melafalkan Adzan dan Iqamah (untuk putra)
- Dapat menghafal sedikitnya 6 do'a harian.
Katholik
- Dapat mengucap doa harian dan menyanyikan tiga buah lagu gereja
- Dapat menyebutkan hikayat dari Alkitab
- Dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga
- Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah.
Protestan
- Dapat menyanyikan tiga nyanyian Kristen
- Hafal do'a Bapa kamil
- Dapat menyebutkan hikayat dari Al Kitab sedikitnya hikayat.
- Dapat memberikan yang terbaik
kepada keluarga
- Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah
- Telah Mengikuti Sekolah Minggu 8 Kali berturut-turut.
Hindu
- Dapat menyebutkan nama tempat suci untuk melaksanakan persembahyangan
- Dapat mempraktikkan tata cara sembahyang dengan doa Gayatri Mantram
- Dapat menyebutkan nama-nama pura yang ada disekitarnya
- Dapat menyebutkan nama kitab suci agama Hindu
- Dapat menyebutkan bagian Tri Kaya Parisudha
- Dapat menyebutkan contoh-contoh perbuatan yang baik
- Dapat membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk.
Buddha
- Dapat mengucapkan kata Buddha, Dharma, Sangha (Tri Ratna)
- Dapat melakukan sifat karuna (kasih sayang) kepada semua makhluk
- Dapat melakukan sikap berdoa
2.
Dapat melaksanakan Dwisatya dan Dwidarma
3.
Dapat melakukan Salam Pramuka dengan benar
4.
Telah memiliki buku tabungan dan sudah menabung uang
secara teratur dalam buku tabungannya selama sekurang-kurangnya 8 minggu sejak
menjadi Siaga Mula, seluruh atau sebagian dari uang itu diperoleh dari usahanya
sendiri.
5.
Setia membayar uang iuran kepada gugusdepan dengan uang
yang sebagian diperoleh dari usahanya sendiri.
6.
Dapat menyebutkan nama pencipta lambang Gerakan Pramuka
7.
Dapat menyebutkan sedikitnya 5 macam seni budaya yang
ada di Indonesia
8.
Untuk putri: Dapat memasang buah baju dan menyalakan
kompor dengan benar danaman Untuk putra : Dapat membuat hasta karya dengan dua
macam bahan yang berbeda
9.
Dapat menyampaikan pendapatnya
10. Dapat
memperhatikan dan melaksanakan nasihat Orangtua, Yanda dan Bunda serta gurunya
11. Rajin
dan giat mengikuti latihan perindukan sebagai Siaga Mula sekurang-kurangnya 8 kali
latihan
12. Dapat
menceritakan sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
13. Dapat
menceritakan sejarah bendera kebangsaan Indonesia dan tahu sikap yang harus dilakukan
pada waktu bendera kebangsaan dikibarkan atau diturunkan serta dapat memelihara
bendera kebangsaan
14. Dapat
menyebutkan sedikitnya 6 hari besar nasional dan 5 orang nama pahlawan nasional
15. Dapat
melakukan peraturan keluarga, barung, perindukan dan sekolah
16. Dapat melaksanakan peraturan di lingkungannya
17. Dapat melaksanakan adat/budaya di
lingkungannya
18. Dapat
menjadi contoh yang baik bagi temannya
19. Dapat
menyebutkan nama provinsi, ibukota provinsi dan kepala daerahnya, nama negara,
ibukota negara, kepala negara dan wakilnya.
20. Dapat
menyebutkan sila-sila Pancasila sesuai dengan lambangnya
21. Dapat
mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan
dan dapat menginformasikan kepada petugas Puskesmas/rumah sakit/polisi.
22. Dapat
meneyebutkan perbedaan jam digital dan analog serta dapat memperkirakan waktu
tanpa bantuan alat
23. Dapat
menunjukan 8 arah mata angin
24. Dapat
menyampaikan berita secara lisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia
25. Dapat
menggunakan atau mengoperasikan alat komunikasi tradisional dan modern.
26. Dapat
menyebutkan fungsi anggota tubuh
27. Dapat
melakukan gerakan dasar olah raga
28. Dapat
mencuci,menjemur, melipat dan menyimpan pakaiannya dengan rapi.
29. Dapat
memelihara kebersihan salah satu ruangan di rumah, sekolah dan tempat ibadah
atau tempat lainnya
30. Dapat
melakukan Senam Pramuka
31. Dapat
menunjukan bahan-bahan makanan yang bernilai gizi
32. Dapat
memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang
ternak, selama kira-kira 2 bulan
33. Dapat
membuat satu macam hasta karya dari barang bekas
34. Dapat menggunakan simpul mati, simpul hidup,
simpul anyam, simpul pangkal dan simpul jangkar.
SIAGA TATA
1.
Islam
- Dapat membaca Al Quran dan mengetahui tanda bacanya
- Dapat menyebutkan Asmaul Husna dan artinya
- Dapat mengetahui dan menceritakan salah satu kisah Rasul
- Dapat menyebutkan 10 nama Malaikat dan tugasnya.
Katholik
- Tahu doa Iman, doa harapan, doa cinta kasih dan doa tobat
- Telah mengikuti Misa Kudus dan tahu arti Konsekrasi
- Dapat mengenal nama Pastor Paroki dan nama Uskup setempat
- Dapat menunjukan kemahakuasaan Allah
- Dapat menunjukan tindakan manusia yang bergantung kepada Allah.
Protestan
- Dapat menghafal Lukas 10:27 (hukum kasih)
- Dapat mengucap dan mempergunakan doa sederhana pada kesempatan tertentu
- Dapat menunjukan kemahakuasaan Allah, sedikitnya 5 macam
- Dapat menunjukan tindakan manusia yg bergantung kepada Allah, 5 macam
- Rajin mengikuti sekolah Minggu di gerejanya.
Hindu
- Dapat menghapal bait bait Puja Tri Sandya
- Dapat menyebutkan hari-hari suci agama Hindu
- Dapat memahami perbedaan makna dari perayaan hari-hari besar/suci agama Hindu
- Dapat menyebutkan nama pura-pura besar di Indonesia
- Dapat menyebutkan bagian dari Panca Sradha
- Dapat menyebutkan bagian dari Panca Yadnya
- Dapat melakukan salah satu gerakan dalam Yoga Asanas
Buddha
- Dapat melafalkan Paritta Namaskara
- Dapat mengucapkan Paritta Vandana
- Dapat mengucapkan Paritta Pancasila Buddhis (Bahasa Indonesia)
2.
Dapat mengajak temannya untuk mengamalkan Dwisatya dan
Dwidarma
3.
Dapat menjelaskan tentang Salam Pramuka kepada teman
sebarungnya
4.
Telah memiliki buku tabungan dan sudah menabung uang
secara teratur dalam buku tabungannya selama sekurang-kurangnya 12 minggu sejak
menjadi Siaga Bantu, seluruh atau sebagian dari uang itu diperoleh dari usahanya
sendiri.
5.
Setia membayar uang iuran kepada gugusdepan dengan uang
yang diperoleh dari usahanya sendiri.
6.
Dapat menyebutkan arti lambang Gerakan Pramuka
7.
Dapat memperagakan satu macam kegiatan seni budaya asal
daerahnya.
8.
Telah memiliki sedikitnya 5 tanda kecakapan khusus
9.
Dapat mengkritisi sesuatu masalah dan dapat
bertanggungjawab
10. Dapat
menolong orang yang sedang menderita di sekitarnya.
11. Rajin
dan giat mengikuti latihan perindukan sebagai Siaga Bantu sekurang-kurangnya 12
kali latihan sebagai Siaga Bantu
12. Dapat
memperlihatkan sikap yang harus dilakukan jika lagu kebangsaan diperdengarkan
atau dinyanyikan pada suatu upacara
13. Dapat
memperlihatkan cara mengibarkan dan menyimpan bendera merah putih pada upacara
pembukaan dan penutupan latihan.
14. Dapat
menyebutkan sedikitnya 7 hari besar nasional, 4 hari besar dunia dan 10 nama
pahlawan nasional
15. Dapat
menyebutkan akibat melanggar peraturan di keluarga, barung, perindukan dan
sekolah
16. Dapat
menyebutkan akibat melanggar peraturan di lingkungannya
17. Dapat
menyebutkan akibat melanggar adat/budaya di lingkungannya
18. Dapat
mengajak temannya berkata dan melakukan perbuatan yang benar
19. Dapat
menyebutkan negara-negara ASEAN dan menunjukkan bendera
kebangsaannya
20. Dapat
menyebutkan perbuatan yang baik sesuai dengan sila-sila Pancasila
21. Dapat
mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan
dan dapat menginformasikan kepada dokter, rumah sakit, polisi dan keluarga
korban.
22. Dapat
menceritakan dasar terjadinya perbedaan waktu yang ada di Wilayah Indonesia
23. Dapat
menunjuk 8 macam arah mata angin dengan menggunakan kompas
24. Dapat
menulis surat kepada teman atau saudaranya dengan menggunakan Bahasa Indonesia
25. Dapat
merawat alat-alat teknologi dan komunikasi tradisional serta modern yang ada di
rumahnya
26. Dapat
memelihara anggota tubuh
27. Dapat
melakukan olah raga secara tim
28. Dapat
mencuci peralatan dapur
29. Dapat
memelihara kebersihan halaman di rumah, sekolah, tempat ibadah atau di tempat
lainnya.
30. Dapat
melakukan salah satu cabang olah raga atletik atau salah satu gaya cabang
olahraga renang
31. Dapat
menyebutkan 5 macam penyakit menular
32. Dapat
memelihara sedikitnya dua macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak,
selama kira-kira 4 bulan
33. Dapat
membuat 2 macam hasta karya dengan bahan yang berbeda
34. Dapat
membuat sedikitnya 2 macam ikatan
2.4 Program Tahunan
Program Tahunan Pramuka Siaga
Tahun Pelajaran 2012/2013
Pengembangan Diri : Pramuka
Kelas :
1 – 4
Semester : 1 dan 2
Jam Perminggu : 2 x 45 Menit
No
|
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Semester
|
Alokasi Waktu
|
Ket
|
1
2
|
Siaga Mula
Siaga Bantu
|
1.
Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam
2.
Menghafal Kode Kehormatan
3.
Dapat Menyebutkan jenis Salam Pramuka
4.
Memaknai Lambang Pramuka
5.
Mampu membedakan hal baik dan buruk
6.
Mengetahui beberapa budaya daerah
7.
Dapat menyebutkan Nilai-nilai Pancasila
8.
Dapat membaca jam dan arah mata angin
9.
Melaksanakan Peraturan Keluarga
10. Dapat
menghafalkan Lagu kebangsaan
11. Mengerti
arti kiasan bendera kebangsaan
12. Dapat
mempraktekkan senam pramuka
13. Dapat
membuat beberapa ikatan
14. Memahami
cara menjaga kesehatan
1.
Dapat melaksanakan tayamum, dan sholat
2.
Menghafal Kode Kehormatan
3.
Dapat melakukan salam pramuka
4.
Dapat menyebutkan 5 macam seni budaya di Indonesia
5.
Dapat menyampaikan pendapatnya
6.
Dapat memperhatikan dan melaksanakan nasihat
7.
Dapat menceritakan sejarah kebangsaan
8.
Dapat menceritakan sejarah bendera kebangsaan
9.
Dapat menyebutkan 6 hari besar nasional dan 5 orang
nama pahlawan nasional
10. Dapat
melakukan peraturan keluarga, barung, perindukan dan sekolah
11. Dapat
menyampaikan berita secara lisan
12. Dapat
menyebutkan fungsi anggota tubuh
13. Dapat
menggunakan atau mengoperasikan alat komunikasi
14. Dapat
membuat satu macam hasta karya dari barang bekas
15. Dapat
menunjukan bahan-bahan makanan yang bernilai gizi.
|
1
2
|
34 Jam Pelajaran
36 Jam Pelajaran
|
|
2.5 Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( 1 – 5
Pertemuan)
Program Latihan Mingguan I
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas :
1 – 4
Pertemuaan ke- : 1
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
Kompetensi : 1. Siaga Mula
Kompetensi Dasar : 1.1 Memahami Rukun Iman dan Rukun Islam
Indikator : 1. Menyebutkan Rukun Iman dan Rukun
Islam
2..Menentukan perbedaan Rukun Iman dan Rukun Islam
A.
Tujuan
a.
Peserta Didik dapat menyebutkan isi Rukun Iman dan
Rukun Islam
b.
Peserta Didik dapat menentukan perbedaan Rukun Iman dan
Rukun Islam
B.
Materi ajar
Rukun Iman dan Rukun Islam
C.
Model Pembelajaran
D.
Langkah-langkah Kegiatan
E.
Alat dan Sumber Belajar
F.
Penilaian
Program Latihan Mingguan II
Pengembangan Diri : Kepramukaan
Kelas :
1 – 4
Pertemuaan ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 Jam Pelajaran
Kompetensi : 1. Siaga Mula
Kompetensi Dasar : 1.2 Pengamalan Kode Kehormatan
A.
Tujuan
a. Peserta Didik dapat menyebutkan Kode Kehormatan
b. Peserta Didik dapat menyebutkan isi Dwi Satya dan Dwi Darma
B.
Materi ajar
C.
Model Pembelajaran
D.
Langkah-langkah Kegiatan
E.
Alat dan Sumber Belajar
F.
Penilaian
III.
PENUTUP
Demikian proposal
kegiatan Pengembangan Diri Kepramuaan ini dibuat sebagai pedoman
pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter sehingga dapat mencapai tujuan
yang diharapkan. Partisipasi dan dukungan sangat diharapkan demi suksesnya
penyelenggaraan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi
siswa sebagai Peserta Didik, Gerakan Pramuka pada khususnya dan Masyarakat pada
umumnya.
Bandar
Lampung, 1 Juni 2013
Yang membuat,
Annisa Nur
Ardia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar