Social Icons

Selasa, 11 Juni 2013

PROPOSAL PENGEMBANGAN DIRI PRAMUKA



SEKOLAH  DASAR
Tahun Pelajaran 2012/2013
 

I.                   PENDAHULUAN


1.1        Latar Belakang
Manusia adalah faktor penting dalam menciptakan kehidupan yang baik. Kehidupan yang baik dan sejahtera itu sendiri dapat dibentuk dan diciptakan.  Penciptaan kebaikan dapat diperoleh dari proses belajar atau pendidikan baik secara formal maupun informal. Pendidikan karakter telah menjadi perhatian berbagai negara dalam rangka mempersiapkan generasi yang berkualitas, bukan hanya untuk kepentingan individu warga negara, tetapi juga untuk warga masyarakat secara keseluruhan. Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai the deliberate us of all dimensions of school life to foster optimal character development (usaha kita secara sengaja dari seluruh dimensi kehidupan sekolah/madrasah untuk membantu pembentukan karakter secara optimal.
Penguatan pendidikan moral (moral education) atau pendidikan karakter (character education)  dalam konteks sekarang sangat relevan untuk mengatasi krisis moral yang sedang melanda di negara kita. Krisis tersebut antara lain berupa meningkatnya pergaulan bebas, maraknya angka kekerasan anak-anak dan remaja, kejahatan terhadap teman, pencurian remaja, kebiasaan menyontek, penyalahgunaan obat-obatan, pornografi, dan perusakan milik orang lain sudah menjadi masalah sosial yang hingga saat ini belum dapat diatasi secara tuntas, oleh karena itu betapa pentingnya pendidikan karakter. Karakter sendiri berkaitan dengan konsep moral (moral knonwing), sikap moral (moral felling), dan perilaku moral (moral behavior). Berdasarkan ketiga komponen ini dapat dinyatakan bahwa karakter yang baik didukung oleh pengetahuan tentang kebaikan, keinginan untuk berbuat baik, dan melakukan perbuatan kebaikan.
Pendidikan karakter sebaiknya diberikan sejak dini kepada anak-anak, terutama seusia anak Sekolah Dasar, dimana pemahaman sejak kecil akan memmberikan penanaman pemahaman yang lebih dan mengakar. Proses ini memerlukan metode khusus yang tepat agar tujuan pendidikan dapat tercapai. Di antara metode pembelajaran yang sesuai adalah metode keteladanan,  metode pembiasaan, dan metode pujian dan hukuman.

Gerakan Pramuka Indonesia adalah nama organisasi pendidikan nonformal yang menyelenggarakan pendidikan kepanduan yang dilaksanakan di Indonesia. Organisasi ini mengusung pendidikan moral secara keseluruhan, dimana kepribadian yang berkarakter baik menjadi tujuan dari diselenggarakannya kepramukaan. Gerakan Pramuka juga bertugas mempersiapkan generasi muda agar mampu menjadi penerus estafet kepemimpinan yang berperan aktif dalam pembangunan, berkepribadian luhur, bertaqwa, mandiri, tangguh serta peka terhadap permasalahan yang terjadi dalam masyarakat sekitarnya. Sehingga sangat cocok jika kegiatan kepramukaan dijadikan salah satu program pengembangan diri di sekolah dalam rangka mewujudkan pendidikan yang berkarakter.

1.2        Dasar
Dasar dilaksanakannya kegiatan ini adalah:
1.         Undang – Undang RI No.20  tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
2.         Undang – Undang RI No.12  tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
3.         Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 dan PP Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
4.         Keputusan Presiden RI No.24  tahun 2009  tentang Angaran Dasar Gerakan Pramuka.
5.         Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.
6.         Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No 203  tahun 2009   tentang  Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka.
7.         Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka No 198  tahun 2011   tentang  Petunjuk Penyelanggaraan Syarat Kecakapan Umum.

 
1.3        Tujuan

Menyelenggarakan Pendidikan Kepramukaan disekolah untuk menciptakan siswa sebagai peserta didik yang:
1.      Memiliki kepribadian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa, berkecakapan hidup, sehat jasmani, dan rohani;
2.      Menjadi warga negara yang berjiwa Pancasila, setia dan patuh kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia serta menjadi anggota masyarakat yang baik dan berguna, yang dapat membangun dirinya sendiri secara mandiri serta bersama-sama bertanggungjawab atas pembangunan bangsa dan negara, memiliki kepedulian terhadap sesama hidup dan alam lingkungan.


II.                KERANGKA PEMBELAJARAN

Pramuka Siaga merupakan Golongan anggota Pramuka dalam usia 7 – 10 tahun, dimana diusia ini anak-anak pada umumnya masih berada pada bangku Sekolah Dasar, yaitu kelas 1 sampai dengan kelas 4. Usia anak-anak inilah yang menjadi acuan dalam penyusunan perangkat pembelajaran unuk program pengembangan diri di sekolah. Untuk lebih memudahkan proses pembelajaran, maka berikut ini adalah kerangka pembelajaran yang disusun sebagai arahan kegiatan kepramukaan dalam mencapai tujuan.

2.1       Kalender Pendidikan

KETERANGAN  : KALENDER SD/MI
1
16  s.d.  18  Juli 2012
Hari-hari pertama masuk sekolah
2
21,22 Juli  dan 11 s.d18 Agustus 2012
Hari libur Ramadhan (sebelum dan awal dan akhir bulan Ramadhan)
3
17  Agustus  2012
HUT Kemerdekaan Republik Indonesia
4
19 dan 20 Agustus 2012
Hari Besar Idul Fitri 1432 H
5
21  s.d. 27  Agustus 2012
Hari libur Idul Fitri 1433 H Tahun 2012
6
26  Oktober 2012
Hari Besar Idul Adha 1433 H
7
15 November 2012
Tahun Baru Hijjriyah 1434 H
8
24  November 2012
Peringatan  Hari Guru
9
1 s.d. 8 Desember 2012
Ulangan Akhir Semester
10
22  Desember  2012
Penerimaan raport
11
24 Des 2012  s.d. 5 Jan 2013
Libur Semester Gasal
12
25  Desember  2012
Hari  Natal  2012
13
24 Januari 2013
Tahun baru Imlek 2564
14
12 Maret 2013
Hari Raya Nyepi Tahun Baru Saka 1935
15
29 Maret 2013
Wafat Yesus Kristus
16
9 Mei 2013
Kenaikan  Yesus Kristus
17
25 Mei 2013
Hari raya Waisak 2557
18
6 Juni 2013
Isra' Mi'raj  Nabi Muhammad SAW
19
22 s.d. 26 April 2013
Ujian Sekolah
20
2 Mei 2012
Hari Pendidikan Nasional tahun 2012
21
13 s.d. 15 Mei 2013
UN SD (Utama)
22
20  s.d. 22  Mei  2013
UN SD (Susulan)
23
10 s.d. 15  Juni  2013
Ulangan Kenaikan Kelas
24
Pembagian L H B (Kenaikan Kelas)
29  Juni 2013
25
1 s.d.  13  Juli  2013
Libur Kenaikan kelas
26
10 -21 Des, 17 -28 Jun 2013
Hari Kegiatan sekolah
27
21,22,23 Maret 2013
Latihan Ujian Tahap I
28
15,16,17 April 2013
Latihan Ujian Tahap II

2.2          Perhitungan Minggu Efektif
Perhitungan Minggu Efektif
Pramuka Siaga Sekolah Dasar

Pengembangan Diri     : Pramuka tingkat Siaga
Kelas                           : 1 – 4
Tahun Pelajaran           : 2013/ 2014
Jumlah Perminggu       : 2 Jam Pelajaran
a.       Semester Ganjil
No
Bulan
Jumlah Minggu
Minggu Tak Efektif
Minggu Efektif
1
2
3
4
5
6
Juli
Agustus
September
Oktober
November
Desember
5
4
4
5
4
5
4
2
-
-
-
3
1
2
4
4
4
2

Jumlah


17

b.      Semester Genap
No
Bulan
Jumlah Minggu
Minggu Tak Efektif
Minggu Efektif
1
2
3
4
5
6
Januari
Frebuari
Maret
April
Mei
Juni
5
4
4
5
4
4
1
-
2
2
-
3
4
4
2
3
4
1

Jumlah


18

2.3        Kompetensi Dasar (Syarat Kecakapan Umum)
SIAGA MULA
1.      Islam
    - Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam
    - Dapat mengucapkan Syahadat dan menyebutkan artinya
    - Dapat menghafal Surat Al-Fatihah dan menyebutkan artinya
    - Dapat menghafal Surat Al-Ikhlas dan menyebutkan artinya
    - Telah mengetahui tatacara berwudhu beserta doanya
    - Dapat melaksanakan gerakan sholat
    - Dapat menghafal sedikitnya 3 do'a harian.
Katholik
    - Dapat membuat tanda salib
    - Dapat mengucapkan do'a harian dan menyanyikan tiga buah lagu gereja
    - Dapat menerima dan mensyukuri keberadaan dirinya sebagai ciptaan Allah, 
      dan  memberikan contoh-contohnya
   - Dapat mengasihi keluarganya
   - Dapat mengasihi teman/guru/sesamanya baik digudep/disekolah/disekitarnya.
Protestan
   - Dapat menghafal Johanes 3:16 dan berdoa sederhana
   - Dapat mewujudkan ucapan syukur sebagai ciptaan Allah,sedikitnya tiga hal
   - Dapat mengasihi keluarganya
   - Dapat mengasihi teman, guru dan sesamanya digudep, disekolah/ di sekitarnya
   - Telah Mengikuti sekolah minggu 4 kali berturut-turut.
Hindu
- Dapat menunjukkan sikap Anjali serta dapat mengucapkan salam Panganjali
- Dapat memperagakan sikap /tatacara sembahyang
- Dapat menyebutkan nama-nama bunga yang bisa dipakai sembahyang
- Dapat menyebutkan nama tempat suci untuk melaksanakan sembahyang
- Dapat menyebutkan jam/waktu melaksanakn persembahyangan/PujaTriSandhya.
Buddha
- Dapat mengucapkan salam Buddhis
- Dapat bersikap Anjali. 3.Dapat melakukan Namaskara
2.      Dapat menghafal Dwisatya dan Dwidarma
3.      Dapat menyebutkan jenis-jenis Salam Pramuka.
4.      Telah memiliki buku tabungan, sekurang - kurangnya dalam waktu 6 minggu terakhir.
5.      Setia membayar uang iuran kepada gugusdepannya, sedapat-dapatnya dengan uang yang diperoleh dari usahanya sendiri.
6.      Dapat menyebutkan lambang Gerakan Pramuka
7.      Dapat menyebutkan salah satu seni budaya di daerah tempat tinggalnya
8.       Selalu bersikap hemat dan cermat dengan segala miliknya
9.      Dapat menyebutkan identitas diri
10.  Dapat membedakan perbuatan baik dan perbuatan buruk
11.   Rajin dan giat mengikuti latihan Perindukan Siaga, sekurang-kurangnya 6 kali latihan berturut-turut
12.  Dapat dengan hafal menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya bait pertama di depan perindukannya.
13.  Dapat menyebutkan arti kiasan warna Sang Merah Putih
14.  Dapat menyebutkan sedikitnya 3 hari besar nasional dan 3 hari besar keagamaan
15.  Dapat menyebutkan sedikitnya 5 peraturan keluarga
16.  Dapat menyebutkan sedikitnya 3 peraturan di lingkungannya
17.  Dapat menyebutkan 2 macam adat/budaya di lingkungannya
18.  Dapat menyampaikan ucapan dengan baik dan sopan serta hormat kepada orangtua, sesama teman dan orang lain
19.  Dapat menyebutkan nama dan alamat Ketua RT, Ketua RW, Lurah dan tokoh masyarakat di sekitar tempat tinggalnya
20.  Dapat menyebutkan sila-sila Pancasila
21.  Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada orang dewasa disekitarnya.
22.  Dapat membaca jam digital dan analog
23.  Dapat menunjukan 4 arah mata angin
24.  Dapat berbahasa Indonesia dalam mengikuti pertemuan-pertemuan Siaga
25.  Dapat menyebutkan sedikitnya 2 macam alat komunikasi tradisional dan modern
26.  Dapat menyebutkan anggota tubuh
27.  Dapat menyebutkan gerakan dasar olah raga
28.  Dapat melipat selimut dan merapikan tempat tidurnya
29.  Selalu berpakaian rapih dan memelihara kebersihan pribadi
30.  Dapat menjalankan latihan-latihan keseimbangan, dapat melempar dan menerima bola dengan tangan kanan dan kiri sedikitnya 5 kali tangkapan.
31.  Dapat menyebutkan makanan dan minuman yang bergizi (4 sehat 5 sempurna)
32.  Dapat memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 1 bulan
33.  Dapat melipat kertas yang dibentuk menyerupai pesawat, kapal, flora dan fauna
34.  Dapat membuat simpul mati,simpul hidup, simpul anyam,simpul pangkal dan simpul jangkar.

SIAGA BANTU
1.      Islam
- Dapat melaksanakan Tayamum
- Dapat melaksanakan sholat wajib
- Dapat melaksanakan shalat berjamaah
- Dapat menyebutkan Rasul-rasul Allah
- Dapat melafalkan Adzan dan Iqamah (untuk putra)
- Dapat menghafal sedikitnya 6 do'a harian.
Katholik
- Dapat mengucap doa harian dan menyanyikan tiga buah lagu gereja
- Dapat menyebutkan hikayat dari Alkitab
- Dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga
- Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah.
Protestan
- Dapat menyanyikan tiga nyanyian Kristen
- Hafal do'a Bapa kamil
- Dapat menyebutkan hikayat dari Al Kitab sedikitnya hikayat.
- Dapat memberikan yang terbaik kepada keluarga
- Dapat memelihara salah satu ciptaan Allah
- Telah Mengikuti Sekolah Minggu 8 Kali berturut-turut.
Hindu
- Dapat menyebutkan nama tempat suci untuk melaksanakan persembahyangan
- Dapat mempraktikkan tata cara sembahyang dengan doa Gayatri Mantram
- Dapat menyebutkan nama-nama pura yang ada disekitarnya
- Dapat menyebutkan nama kitab suci agama Hindu
- Dapat menyebutkan bagian Tri Kaya Parisudha
- Dapat menyebutkan contoh-contoh perbuatan yang baik
- Dapat membedakan perbuatan yang baik dan perbuatan yang buruk.
Buddha
- Dapat mengucapkan kata Buddha, Dharma, Sangha (Tri Ratna)
- Dapat melakukan sifat karuna (kasih sayang) kepada semua makhluk
- Dapat melakukan sikap berdoa
2.      Dapat melaksanakan Dwisatya dan Dwidarma
3.      Dapat melakukan Salam Pramuka dengan benar
4.      Telah memiliki buku tabungan dan sudah menabung uang secara teratur dalam buku tabungannya selama sekurang-kurangnya 8 minggu sejak menjadi Siaga Mula, seluruh atau sebagian dari uang itu diperoleh dari usahanya sendiri.
5.      Setia membayar uang iuran kepada gugusdepan dengan uang yang sebagian diperoleh dari usahanya sendiri.
6.      Dapat menyebutkan nama pencipta lambang Gerakan Pramuka
7.      Dapat menyebutkan sedikitnya 5 macam seni budaya yang ada di Indonesia
8.      Untuk putri: Dapat memasang buah baju dan menyalakan kompor dengan benar danaman Untuk putra : Dapat membuat hasta karya dengan dua macam bahan yang berbeda
9.      Dapat menyampaikan pendapatnya
10.  Dapat memperhatikan dan melaksanakan nasihat Orangtua, Yanda dan Bunda serta gurunya
11.  Rajin dan giat mengikuti latihan perindukan sebagai Siaga Mula sekurang-kurangnya 8 kali latihan
12.  Dapat menceritakan sejarah Lagu Kebangsaan Indonesia Raya
13.  Dapat menceritakan sejarah bendera kebangsaan Indonesia dan tahu sikap yang harus dilakukan pada waktu bendera kebangsaan dikibarkan atau diturunkan serta dapat memelihara bendera kebangsaan
14.  Dapat menyebutkan sedikitnya 6 hari besar nasional dan 5 orang nama pahlawan nasional
15.  Dapat melakukan peraturan keluarga, barung, perindukan dan sekolah
16.   Dapat melaksanakan peraturan di lingkungannya
17.   Dapat melaksanakan adat/budaya di lingkungannya
18.  Dapat menjadi contoh yang baik bagi temannya
19.  Dapat menyebutkan nama provinsi, ibukota provinsi dan kepala daerahnya, nama negara, ibukota negara, kepala negara dan wakilnya.
20.  Dapat menyebutkan sila-sila Pancasila sesuai dengan lambangnya
21.  Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada petugas Puskesmas/rumah sakit/polisi.
22.  Dapat meneyebutkan perbedaan jam digital dan analog serta dapat memperkirakan waktu tanpa bantuan alat
23.  Dapat menunjukan 8 arah mata angin
24.  Dapat menyampaikan berita secara lisan dengan menggunakan Bahasa Indonesia
25.  Dapat menggunakan atau mengoperasikan alat komunikasi tradisional dan modern.
26.  Dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh
27.  Dapat melakukan gerakan dasar olah raga
28.  Dapat mencuci,menjemur, melipat dan menyimpan pakaiannya dengan rapi.
29.  Dapat memelihara kebersihan salah satu ruangan di rumah, sekolah dan tempat ibadah atau tempat lainnya
30.  Dapat melakukan Senam Pramuka
31.  Dapat menunjukan bahan-bahan makanan yang bernilai gizi
32.  Dapat memelihara sedikitnya satu macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 2 bulan
33.  Dapat membuat satu macam hasta karya dari barang bekas
34.   Dapat menggunakan simpul mati, simpul hidup, simpul anyam, simpul pangkal dan simpul jangkar.

SIAGA TATA
1.       Islam
- Dapat membaca Al Quran dan mengetahui tanda bacanya
- Dapat menyebutkan Asmaul Husna dan artinya
- Dapat mengetahui dan menceritakan salah satu kisah Rasul
- Dapat menyebutkan 10 nama Malaikat dan tugasnya.
Katholik
- Tahu doa Iman, doa harapan, doa cinta kasih dan doa tobat
- Telah mengikuti Misa Kudus dan tahu arti Konsekrasi
- Dapat mengenal nama Pastor Paroki dan nama Uskup setempat
- Dapat menunjukan kemahakuasaan Allah
- Dapat menunjukan tindakan manusia yang bergantung kepada Allah.
Protestan
- Dapat menghafal Lukas 10:27 (hukum kasih)
- Dapat mengucap dan mempergunakan doa sederhana pada kesempatan tertentu
- Dapat menunjukan kemahakuasaan Allah, sedikitnya 5 macam
- Dapat menunjukan tindakan manusia yg bergantung kepada Allah, 5 macam
- Rajin mengikuti sekolah Minggu di gerejanya.
Hindu
- Dapat menghapal bait bait Puja Tri Sandya
- Dapat menyebutkan hari-hari suci agama Hindu
- Dapat memahami perbedaan makna dari perayaan hari-hari besar/suci agama Hindu
- Dapat menyebutkan nama pura-pura besar di Indonesia
- Dapat menyebutkan bagian dari Panca Sradha
- Dapat menyebutkan bagian dari Panca Yadnya
- Dapat melakukan salah satu gerakan dalam Yoga Asanas
Buddha
- Dapat melafalkan Paritta Namaskara
- Dapat mengucapkan Paritta Vandana
- Dapat mengucapkan Paritta Pancasila Buddhis (Bahasa Indonesia)
2.      Dapat mengajak temannya untuk mengamalkan Dwisatya dan Dwidarma
3.      Dapat menjelaskan tentang Salam Pramuka kepada teman sebarungnya
4.      Telah memiliki buku tabungan dan sudah menabung uang secara teratur dalam buku tabungannya selama sekurang-kurangnya 12 minggu sejak menjadi Siaga Bantu, seluruh atau sebagian dari uang itu diperoleh dari usahanya sendiri.
5.      Setia membayar uang iuran kepada gugusdepan dengan uang yang diperoleh dari usahanya sendiri.
6.      Dapat menyebutkan arti lambang Gerakan Pramuka
7.      Dapat memperagakan satu macam kegiatan seni budaya asal daerahnya.
8.      Telah memiliki sedikitnya 5 tanda kecakapan khusus
9.      Dapat mengkritisi sesuatu masalah dan dapat bertanggungjawab
10.  Dapat menolong orang yang sedang menderita di sekitarnya.
11.  Rajin dan giat mengikuti latihan perindukan sebagai Siaga Bantu sekurang-kurangnya 12 kali latihan sebagai Siaga Bantu
12.  Dapat memperlihatkan sikap yang harus dilakukan jika lagu kebangsaan diperdengarkan atau dinyanyikan pada suatu upacara
13.  Dapat memperlihatkan cara mengibarkan dan menyimpan bendera merah putih pada upacara pembukaan dan penutupan latihan.
14.  Dapat menyebutkan sedikitnya 7 hari besar nasional, 4 hari besar dunia dan 10 nama pahlawan nasional
15.  Dapat menyebutkan akibat melanggar peraturan di keluarga, barung, perindukan dan sekolah
16.  Dapat menyebutkan akibat melanggar peraturan di lingkungannya
17.  Dapat menyebutkan akibat melanggar adat/budaya di lingkungannya
18.  Dapat mengajak temannya berkata dan melakukan perbuatan yang benar
19.  Dapat menyebutkan negara-negara ASEAN dan menunjukkan bendera
kebangsaannya
20.  Dapat menyebutkan perbuatan yang baik sesuai dengan sila-sila Pancasila
21.  Dapat mengumpulkan keterangan untuk memperoleh pertolongan pertama pada kecelakaan dan dapat menginformasikan kepada dokter, rumah sakit, polisi dan keluarga korban.
22.  Dapat menceritakan dasar terjadinya perbedaan waktu yang ada di Wilayah Indonesia
23.  Dapat menunjuk 8 macam arah mata angin dengan menggunakan kompas
24.  Dapat menulis surat kepada teman atau saudaranya dengan menggunakan Bahasa Indonesia
25.  Dapat merawat alat-alat teknologi dan komunikasi tradisional serta modern yang ada di rumahnya
26.  Dapat memelihara anggota tubuh
27.  Dapat melakukan olah raga secara tim
28.  Dapat mencuci peralatan dapur
29.  Dapat memelihara kebersihan halaman di rumah, sekolah, tempat ibadah atau di tempat lainnya.
30.  Dapat melakukan salah satu cabang olah raga atletik atau salah satu gaya cabang olahraga renang
31.  Dapat menyebutkan 5 macam penyakit menular
32.  Dapat memelihara sedikitnya dua macam tanaman berguna, atau satu jenis binatang ternak, selama kira-kira 4 bulan
33.  Dapat membuat 2 macam hasta karya dengan bahan yang berbeda
34.  Dapat membuat sedikitnya 2 macam ikatan


2.4        Program Tahunan
Program Tahunan Pramuka Siaga
Tahun Pelajaran 2012/2013

Pengembangan Diri           : Pramuka
Kelas                                 : 1 – 4
Semester                            : 1 dan 2
Jam Perminggu                  : 2 x 45 Menit

No
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Semester
Alokasi Waktu
Ket
1


























2
Siaga Mula


























Siaga Bantu
1.      Dapat menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam
2.      Menghafal Kode Kehormatan
3.      Dapat Menyebutkan jenis Salam Pramuka
4.      Memaknai Lambang Pramuka
5.      Mampu membedakan hal baik dan buruk
6.      Mengetahui beberapa budaya daerah
7.      Dapat menyebutkan Nilai-nilai Pancasila
8.      Dapat membaca jam dan arah mata angin
9.      Melaksanakan Peraturan Keluarga
10.  Dapat menghafalkan Lagu kebangsaan
11.  Mengerti arti kiasan bendera kebangsaan
12.  Dapat mempraktekkan senam pramuka
13.  Dapat membuat beberapa ikatan
14.  Memahami cara menjaga kesehatan

1.      Dapat melaksanakan tayamum, dan sholat
2.      Menghafal Kode Kehormatan
3.      Dapat melakukan salam pramuka
4.      Dapat menyebutkan 5 macam seni budaya di Indonesia
5.      Dapat menyampaikan pendapatnya
6.      Dapat memperhatikan dan melaksanakan nasihat
7.      Dapat menceritakan sejarah kebangsaan
8.      Dapat menceritakan sejarah bendera kebangsaan
9.      Dapat menyebutkan 6 hari besar nasional dan 5 orang nama pahlawan nasional
10.  Dapat melakukan peraturan keluarga, barung, perindukan dan sekolah
11.  Dapat menyampaikan berita secara lisan
12.  Dapat menyebutkan fungsi anggota tubuh
13.  Dapat menggunakan atau mengoperasikan alat komunikasi
14.  Dapat membuat satu macam hasta karya dari barang bekas
15.  Dapat menunjukan bahan-bahan makanan yang bernilai gizi.
1


























2
34 Jam Pelajaran

























36 Jam Pelajaran


2.5  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran ( 1 – 5 Pertemuan)
Program Latihan Mingguan I
Pengembangan Diri           : Kepramukaan
Kelas                                 : 1 – 4
Pertemuaan ke-                 : 1
Alokasi Waktu                  : 2 Jam Pelajaran

Kompetensi                       : 1. Siaga Mula
Kompetensi Dasar             : 1.1 Memahami Rukun Iman dan Rukun Islam
Indikator                           : 1. Menyebutkan Rukun Iman dan Rukun Islam
  2..Menentukan perbedaan Rukun Iman dan Rukun Islam

A.    Tujuan
a.       Peserta Didik dapat menyebutkan isi Rukun Iman dan Rukun Islam
b.      Peserta Didik dapat menentukan perbedaan Rukun Iman dan Rukun Islam

B.     Materi ajar
Rukun Iman dan Rukun Islam
C.     Model Pembelajaran
D.    Langkah-langkah Kegiatan
E.     Alat dan Sumber Belajar
F.      Penilaian


Program Latihan Mingguan II
Pengembangan Diri           : Kepramukaan
Kelas                                 : 1 – 4
Pertemuaan ke-                 : 2
Alokasi Waktu                  : 2 Jam Pelajaran

Kompetensi                       : 1. Siaga Mula
Kompetensi Dasar             : 1.2 Pengamalan Kode Kehormatan
A.    Tujuan
a. Peserta Didik dapat menyebutkan Kode Kehormatan
b. Peserta Didik dapat menyebutkan isi Dwi Satya dan Dwi Darma
B.     Materi ajar
C.     Model Pembelajaran

D.    Langkah-langkah Kegiatan
E.     Alat dan Sumber Belajar
F.      Penilaian


III.             PENUTUP
Demikian proposal kegiatan Pengembangan Diri Kepramuaan ini dibuat sebagai pedoman pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Karakter sehingga dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Partisipasi dan dukungan sangat diharapkan demi suksesnya penyelenggaraan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini dapat memberikan manfaat bagi siswa sebagai Peserta Didik, Gerakan Pramuka pada khususnya dan Masyarakat pada umumnya.

Bandar Lampung, 1 Juni 2013
Yang membuat,


Annisa Nur Ardia











Tidak ada komentar: