3.5
|
Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
|
4.5
|
Memahami
manusia dalam dinamika interaksi dengan lingkungan alam, sosial, budaya, dan
ekonomi.
Indikator
1.
Menunjukkan interaksi yang positif melalui
diskusi.
2.
Mengimplementasikan interaksi yang positif dalam
kelompok
3.
Menuliskan manfaat suatu cita-cita bagi
masyarakat.
4.
Menceritakan manfaat suatu cita-cita bagi
masyarakat melalui presentasi.
|
3.3
|
Menggali
informasi dari teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi dengan bantuan guru dan teman dalam bahasa
Indonesia lisan dan tulis dengan memilah dan memilih kosakata baku.
|
4.3
|
Mengolah
dan menyajikan teks wawancara tentang jenis-jenis usaha dan pekerjaan serta
kegiatan ekonomi dan koperasi secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan
tulis dengan memilah dan memilih kosakata baku.
|
3.5
|
Memahami
sifat-sifat bunyi melalui pengamatan dan keterkaitannya dengan indera
pendengaran.
|
4.4
|
Menyajikan
hasil percobaan atau observasi tentang bunyi .
|
- Berdasarkan pengamatan, siswa mampu menjelaskan hubungan sifat bunyi dengan benda dengan benar.
- Berdasarkan pengamatan, siswa mampu membuat laporan tentang percobaan sifat bunyi serta manfaatnya dengan benar
- Setelah diskusi dan mendengarkan, siswa mampu menunjukkan sikap kerjasama dalam kegiatan kelas dengan benar.
- Berbagai jenis usaha dan pekerjaan.
- Interaksi.
- Sifat bunyi.
- Pendekatan : Scientific
- Strategi : Cooperative Learning
- Teknik : Group Investigation
- Lingkungan sekitar siswa.
- Kartu bergambar.
- LKS.
- Buku Siswa Tema Cita-citaku/Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Penyelia Penerbitan: Lazuardi GIS
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam dan mengajak berdoa.
2.
Guru memperkenalkan diri.
3.
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar.
4.
Apersepsi.
5.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan hari
ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Guru memberikan pretes sebagai bahan penunjang untuk melihat perubahan
hasil belajar siswa pada siklus 1.
2.
Guru menyampaikan metode pembelajaran hari ini akan dilaksanakan
menggunakan model tipe GI.
3.
Siswa menyimak penjelasan guru mengenai langkah-langkah GI.(mengamati)
4.
Siswa dibagi kedalam kelompok yang beranggotakan 3-4 orang.
5.
Siswa diberi tugas oleh guru untuk memilih topik yang akan di teliti.
(mengamati)
6.
Guru memfasilitasi kepekaan terhadap masalah.
7.
Setiap kelompok diberi LKS yang mengarahkan siswa melakukan kegiatan pembelajaran
dengan model tipe GI.
8.
Kelompok mengatur rencana investigasi, yaitu membuat identifikasi
masalah serta menentukan pembagian tugas dengan bimbingan guru. (mengeksplorasi)
9.
Kelompok mulai melaksanakan investigasi masalah dengan mengumpulkan
informasi dan menganalisis data untuk merumuskan jawaban masalah investigasi.
(menanya, mengasosiasi)
10.
Siswa menyiapkan buku bacaan –buku paket siswa tema cita-citak –
subtema 2 pembelajaran 1 sebagai salah satu sumber informasi materi dasar.
(mengasosiasi)
11.
Jika sumber informasi dirasa kurang memadai, siswa dapat memanfaatkan
sumbang saran serta bertanya pada teman dalam satu kelompok serta pengalaman
pribadi sebagai bahan informasi penunjang. (menanya, mengasosiasi)
12.
Tiap anggota kelompok berkontribusi untuk usaha-usaha yang dilakukan
kelompoknya. (menanya, mengkomunikasikan)
13.
Para siswa saling bertukar, berdiskusi, mengklarifikasi, dan menggabungkan
semua gagasan. (mengkomunikasikan)
14.
Guru memastikan bahwa semua anggota kelompok berpartisipasi.
15.
Setelah semua informasi terkumpul, selanjutnya kelompok menyiapkan
laporan akhir dan membuat rencana presentasi.
|
120 menit
|
Penutup
|
1.
Guru menanyakan kepada siswa, apakah kelompok telah
selesai melaksanakan investigasi dan menyusun laporan akhir?
2.
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan
kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa
rasakan?
3.
Guru menyampaikan bahwa pertemuan selanjutnya yaitu mempresentasikan
hasil investigasi.
4.
Guru menyampaikan pesan moral agar senantiasa
bersyukur atas nikmat Tuhan YME.
5.
Guru mengapresiasi sikap kerjasama yang ditunjukkan dalam
kegiatan berdiskusi
dan investigasi.
6.
Guru mengucapkan salam penutup.
|
5 menit
|
KEGIATAN
|
DESKRIPSI KEGIATAN
|
ALOKASI WAKTU
|
Pendahuluan
|
1.
Guru memberikan salam pembuka.
2.
Guru mengkondisikan siswa agar siap belajar.
3.
Apersepsi.
4.
Guru menyampaikan tujuan pembelajaran pada
pertemuan hari
ini.
|
10 menit
|
Inti
|
1.
Siswa diminta untuk kembali pada kelompok seperti
dipertemuan sebelumnya.
2.
Setiap kelompok mempersiapkan diri untuk mempresentasikan hasil dari
investigasi kelompok yang telah dilaksanakan pada pertemuan sebelumnya. (mengasosiasikan)
3.
Guru mengondisikan kelompok yang telah siap untuk maju berpresentasi.
4.
Tiga kelompok pertama yang telah siap terlebih dahulu maju, segera
mempresentasikan hasil investigasi kelompoknya di hadapan teman-temannya
sesuai rencana investigasi yang telah dibuat secara bergantian. (mencoba, mengkomunikasikan)
5.
Saat satu kelompok maju mempresentasikan tugasnya, kelompok yang lain secara
aktif harus menyimak dan mengamati proses presentasi yang sedang berlangsung.
(mengamati)
6.
Para pendengar mengevaluasi kejelasan dan penampilan presentasi
berdasarkan kriteria yang telah ditentukan. (mengamati)
7.
Setelah pembacaan hasil investigasi kelompok, susunan selanjutnya
yaitu sesi tanya jawab antara peserta dengan penyaji. (menanya)
8.
Seluruh siswa diminta aktif pada kegiatan ini.
9.
Guru dan siswa berkolaborasi dalam menilai kelompok yang tampil
presentasi.
|
70
menit
|
Penutup
|
1.
Guru menutup kegiatan dengan menanyakan
kepada siswa kegiatan apa saja yang dilakukan hari ini dan apa yang siswa
rasakan?
2.
Guru mengingatkan untuk kelompok yang belum tampil
presentasi untuk mempersiapkn diri dipertemuan selanjutnya.
3.
Siswa diminta untuk membaca buku siswa tema cita-citaku subtema
hebatnya cita-citaku pembelajaran 2 di rumah serta menyiapkan karton/kardus
dan gunting untuk dibawa pada pertemuan selanjutnya.
4.
Guru menyampaikan pesan moral agar
senantiasa bersyukur atas nikmat Tuhan YME.
5.
Guru mengapresiasi sikap percaya diri yang
ditunjukkan dalam kegiatan presentasi di hadapan kelas.
6.
Guru mengucapkan salam dan doa penutup.
|
5 menit
|
Guru
mitra
Soviyanti, S.Pd
NIP.
198509172009022006
|
|
Bandar
Lampung, Maret 2014
Peneliti,
Annisaa Nur Ardia
NPM.
1013053002
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar