Social Icons

Senin, 28 Oktober 2013

Cara Diet Alami dengan Tanaman Herbal

7 Bahan Herbal

Jeruk Nipis
manfaat Jeruk nipisJeruk nipis yang mengandung vitamin C sangat bagus untuk diet. Caranya adalah dengan mengonsumsi wedang jeruk setiap pagi. Jeruk nipis mengandung senyawa bernama limonin yang berfungsi mencegah hati memproduksi zat yang mengikat kolesterol. Alhasil kolesterol akan dibuang bersama feses.
Manfaat lain yang bisa diambil dari ramuan jeruk nipis adalah menyehatkan usus. Jeruk dapat melarutkan lemak dan kolesterol yang menempel dinding usus dan mengganggu pencernaan. Lemak yang baru dikonsumsi di usus pun akan dihambat penyerapannya oleh vitamin C pada jeruk nipis sehingga tidak menumpuk di jaringan tubuh.

Teh Hijau
teh hijauCara diet alami selanjutnya ialah dengan mengkonsumsi teh hijau. Teh Hijau merupakan salah satu minuman tradisional yang banyak dikonsumsi orang Jepang. Teh Hijau memiliki manfaat untuk membuat tubuh merasa kecukupan kalori sehingga makanan yang masuk kurang terserap. Dengan demikian lemak di bawah jaringan kulit akan terbakar.
Efek lain dari Teh Hijau adalah menguras usus. Semua kotoran di usus dibuang sehingga tidak banyak makanan yang terserap. Inilah alasan mengapa beberapa orang mengalami diare setelah mengonsumsi Teh Hijau. Efek ini tidak berbahaya bila dikonsumsi dalam dosis yang standart. Namun jangan berlebihan karena akan menimbulkan dehidrasi, lemas, dan pusing.

Nanas
NenasBuah nanas adalah salah satu makanan tinggi vitamin C yang bisa dijadikan ramuan diet. Caranya dengan mengonsumsinya dalam bentuk jus atau rujak segar. Ingat, bila dikonsumsi dalam bentuk jus sebaiknya tidak ditambah dengan es batu karena akan meningkatkan asupan gula.
Nanas juga mengandung serat yang melancarkan buang air besar. akibatnya tidak banyak makanan yang diserap tubuh. Sobat dapat mengonsumsi nanas setiap hari dalam porsi kecil sebagai buah. Dianjurkan untuk menggantinya dengan buah yang lain agar tidak terjadi iriasi lambung.

Mentimun
mentimunIni adalah buah segar yang banyak dijadikan lalapan. Tidak hanya sekedar menjadi lalapan, mentimun juga mampu digunakan sebagai cara diet alami. Rasa mentimun cukup khas dan banyak yang menyukainya. Kandungan air dan vitamin C dalam mentimun dapat membantu melangsingkan tubuh. Mentimun dapat dimakan langsung atau dicampur dengan wortel untuk dijadikan jus.
Bila Sobat menderita hipotensi atau tekanan darah rendah sebaiknya tidak mengonsumsi mentimun karena dapat menurunkan tekanan darah dengan cepat. Sebaiknya konsumsi ramuan diet lain yang aman untuk penderita hipotensi.

Kunyit Asam
kunyit asamJamu yang satu ini sudah popular di kalangan wanita. Rasa kunyit asam yang segar memang enak dijadikan minuman sehari-hari. ternyata manfaat yang bisa diambil dari minuman segar asli Pulau Jawa ini sangat banyak. Pertama dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh karena kandungan kunyit, kedua dapat menghilangkan bau tak sedap pada tubuh dan organ kewanitaan, ketiga melangsingkan. Mengapa? Karena kunyit asam mengandung vitamin C yang dapat melarutkan lemak dan sangat baik sebagai cara diet alami. Banyak wanita yang menyukai jamu ini dan Sobat pun dapat mencobanya.

Daun Buah Delima
buah delimaPilihan lain untuk berdiet adalah daun buah delima. Daun buah delima yang berwarnan hijau dengan warna buah merah bila sudah matang. Bentuk buahnya bulat dan daunnya berukuran kecil. Daun buah delima mengandung vitamin C yang baik untuk program diet. Cara mengonsumsinya adalah dengan menumbuk daun buah delima, tambahkan garam dan air hangat lalu diperas dan diminum. Usahakan mengonsumsi ramuan ini sekali dalam sehari untuk merasakan manfaatnya.

Belimbing Wuluh
belimbing wuluhRasa masam dalam belimbing wuluh mengindikasikan bahwa buah kecil ini tinggi vitamin C. belimbing wuluh dapat diseduh dengan air hangat untuk dijadikan minuman harian pelangsing tubuh. Efek lain yang dapat dirasakan dari mengonsumsi wedang belimbing adalah jarang sakit karena daya tahan tubuh meningkat. Zat asam askorbat dalam belimbing wuluh juga sangat bagus untuk mengusir radikal bebas penyebab penyakit.
Ramuan tradisional di atas sangat mudah ditemukan di sekitar kita. Harganya pun bersahabat sehingga cocok untuk Sobat yang sedang diet plus berhemat. Ramuan tradisional di atas sebaiknya dihentikan pemakaiannya bila merasa tubuh lemas, diare terus menerus, perut terasa perih, dan dehidrasi. Indikasi tersebut merupakan signal bahwa telah terjadi abnormalitas dalam pencernaan.
Bila tubuh Sobat mengalami gejala seperti perut perih, diare, dehidrasi berat, dan pusing sebaiknya diet hanya dilakukan dengan teknik dasar saja yaitu dengan olahraga dan mengurangi porsi makan. Cara ini lebih aman daripada memaksakan diri mengonsumsi ramuan atau obat kimia.

Tidak ada komentar: